BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, Agustus 31, 2009

KEUTAMAAN BULAN RAJAB

Keutamaan Bulan Rajab

السَّـلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الحمـد لله الذى أرسل رسوله بالهـدى والدين الحقّ ليظهره على الدين كلّه وكفى بالله شهيدا. اشهد ان لا اله الاالله وحده لا شريك له شهادة تنجى قائلها من الدنيا الى يوم القيامة واشهد ان محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للعالمين. اللهم صلّ وسلّم على سيّدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين. امّا بعد: فيا عباد الله اوصيكم ونفسى بتقوى الله فقد فاز المتقون. واتقواالله حقّ تقاته ولا تموتنّ الاّ وأنتم مسلمون.


Marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT, takwa dalam arti takut hanya kepada Allah yang Maha Perkasa dengan senantiasa melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Demikian pula takwa dalam arti mau menerima segala apa yang ditimpakan Allah kepada kita dengan penuh ikhlas, dan penuh kesabaran.

Pada hari ini, kita telah berada di bulan Rajab, yang merupakan salah satu bulan haram. Dalam dua belas bulan Qamariyah, ada empat bulan yang disebut dengan bulan haram atau asyhurul haram. Yakni bulan Zulqaidah, Zul-hijjah, Muharram, dan bulan Rajab. Kedudukan bulan-bulan tersebut sangat istimewa dimata Allah SWT. Karena itu, pada bulan-bulan haram ini disunatkan memperbanyak ibadah puasa.

Memperbanyak ibadah di bulan Rajab seperti berpuasa sangat banyak manfaat dan faedah serta pahala yang akan didapat dari Allah SWT, sebab Rajab merupakan bulan Allah seperti disebutkan oleh Imam As-Suyuthi dalam kitabnya Al-Jami As-Shagir dari Hasan Al-Nasri, katanya:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: رجب شهر الله وشعبان شهرى ورمضان شهر امتى

Rasulullah SAW bersabda: Rajab itu adalah bulan Allah, dan bulan Sya'ban adalah bulanku. Sedangkan bulan Rama-dhan adalah bulan umatku. (Au kama kola Rasulullah SAW)

Bahkan tentang pahala puasa di bulan Rajab ini pernah disebutkan dalam salah satu hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani.

من صام يوما من رجب فكأنما صام سنة واحدة ومن صام منه سبعة أيام غلقت عنه ابواب جهنم ومن صام منه ثمانية أيام فتحت له ثمانية ابواب الجنة

Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab maka ia seolah-olah berpuasa satu tahun. Dan barangsiapa yang berpuasa di bulan Rajab selama tujuh hari maka akan ditutup baginya pintu-pintu Jahanam. Dan barangsiapa yang berpuasa di bulan ini selama delapan hari maka akan dibukakan baginya delapan pintu surga.

Berdasarkan hadis di atas, betapa besar keutamaan bulan Rajab sehingga seorang ulama besar, Abu Bakar Al-Warraq pernah berkata: "Bulan Rajab adalah bulan menanan, bulan Sya'ban adalah bulan menyirami, dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen". Ini artinya, bulan Rajab merupakan kunci bulan-bulan ke-baikan dan keberkahan. Orang yang berpuasa di bulan Rajab berarti ia telah menanam kebaikan dan lalu ia berpuasa di bulan Sya'ban maka ia telah menyirami kebaikan itu, dan kemudian berpuasa di bulan Ramadhan maka melimpahlah hasil panen dari kebaikan tersebut.

Karena itulah disebutkan bahwa Rasulullah SAW apabila bulan Rajab datang beliau senan-tiasa berdoa dengan ucapannya:

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Ya Allah berikanlah keberkahan kepada kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan sam-paikanlah umur kami pada bulan Ramadhan.

Maasyiral Muslimin Rahimahullah

Sungguh besar keutamaan bulan Rajab. Imam Abdulgani bin Ismail An-Nablisi dalam kitabnya Fadhailus Syuhur wa al-Ayyam menye-butkan bahwa seorang ulama saleh yang sakit sebelum bulan Rajab, ia berkata: "Sesungguhnya aku berdoa kepada Allah SWT agar Dia meng-ambil ruhku di bulan Rajab. Sebab telah sampai kepadaku bahwa Allah itu akan membebaskan siksa bagi orang-orang yang meninggal di bulan Rajab".


Karena itulah, mari kita sama-sama meningkat-kan kualitas dan kuantitas amal saleh kita di bulan ini dengan harapan memperoleh keber-kahan dari Allah SWT, dan semoga kita dite-mukan kembali dengan bulan Ramadhan yang akan datang.

بارك الله لى ولكم فى القرآن العظيم ونفعنى واياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل منى ومنكم تلاوته انه هو السميع العليم. اقول قولى هذا واستغفرالله لى ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هو الغفور الرحيم


الحمد لله الذي أمرنا بالتقوى والاستقامة. أشهد ان لا اله الا الله وحده لاشريك له الملك الحق المبين. وأشهد أن محمدا عبده ورسوله سيد الخلائق والبشر. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أمابعد: فياايهاالناس اتقواالله حق تقاته ولا تموتنّ الا وانتم مسلمون. ولازموا الصلاة على خير خلقه ايهاالمسلمون. إن الله تعالى امركم به بدأ فيه بنفسه وثنا بملائكة المسبحة بقدسه.فقد قال تعالى إن الله وملائكته يصلون على النبي ياايهاالذين آمنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما. اللّهم صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى آله وصحبه ومن والاه. اللّهم ارض عن الخلفاء الراشدين أبى بكر وعمر وعثمان وعلي وسائر أصحاب نبيك اجمعين وعن التابعين ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات انك سميع قريب مجيب الدعوات ياقاضي الحاجات برحمتك ياارحم الراحمين. آمين يا رب العالمين. اللهم انصر من نصر الدّين واخدل من خدل المسلمين وأعل كلمتك الى يوم الدّين. ربنا ظلمنا انفسنا وان لم تغفر لنا وترحمنا لنكوننّ من الخاسرين. عباد الله! ان الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسألوه من فضله يعطكم ولذكر الله أكبر.

0 komentar: